Dasar Pembuatan Game Dengan Flash
PENDAHULUAN
Catatan Penulis : Artikel ini aselinya ditulis pada 2006 tapi belum sempat dipublikasikan. Topiknya adalah dasar membuat game dengan Flash dan ActionScript 1. Flash yang dipakai adalah Flash MX (Flash 6) dengan ActionScript versi 1.0. Karena ketika itu ActionScript 2 (apalagi AS3), belum muncul. Walaupun menggunakan flash versi lama, artikel ini tetap bisa diterapkan di versi flash terbaru: CS3, CS4. Sehingga masih relevan untuk dipelajari, terutama bagi pemula
Artikel ini membahas tentang pembuatan game di Flash. Dengan pendekatan langsung praktek dan step-by step. membuat game sederhana bertipe space shooter atau 2D vertical shooter atau Shoot ‘em up. Sebuah jenis permainan yang sudah dikenal semua orang sejak zaman dulu.. masih inget khan ama game 1942 di mesin Arcade atau Raptor zaman DOS dulu?
Tiap2 step dari arikel ini disertai source code fla tersendiri, sehingga anda bisa mengikutinya dengan runtut. Karena setiap step akan membuat file sorce bertambah kompleks dengan modifikasi dari file source sebelumnya.
Tiap2 step dari arikel ini disertai source code fla tersendiri, sehingga anda bisa mengikutinya dengan runtut. Karena setiap step akan membuat file sorce bertambah kompleks dengan modifikasi dari file source sebelumnya.
Mengapa dipilih game bertipe space shooter? Alasannya karena konon dari sisi teknis game tipe ini adalah game action seru yang relatif termudah untuk diimplementasikan.
Bagi pemula, semoga artikel ini dapat membuka wawasan tentang flash gaming.
Bagi pemula, semoga artikel ini dapat membuka wawasan tentang flash gaming.
Flash yang digunakan dalam artikel ini adalah Macromedia Flash MX. Dengan bahasa pemrograman ActionScript 1.0
Sebelum membaca artikel ini, setidaknya anda telah mengenal dan memiliki pengetahuan flash dasar, serta lebih baik lagi adalah pengetahuan dasar ActionScript. Karena inti pembuatan flash game adalah pemrograman ActionScript.
Sebelum membaca artikel ini, setidaknya anda telah mengenal dan memiliki pengetahuan flash dasar, serta lebih baik lagi adalah pengetahuan dasar ActionScript. Karena inti pembuatan flash game adalah pemrograman ActionScript.
Artikel dibuat berseri sesuai dengan tingkatan. Untuk seri pertama (bagian 1).Akan dijabarkan dasar pembuatan game pesawat dengan gerakan dasar.
Dan untuk pertanyaan, ada yang kurang jelas, kritik, saran, masukan silakan tulis lewat kotak komentar di bawah. Marilah kita belajar bersama..
Ok langsung saja kita mulai.
Menyiapkan Stage & Pembuatan Obyek Utama
Pertama2 kita tentukan ukuran bidang permainan.
kemudian set frame rate-nya (fps). frame rate adalah dalam satuan frame per second (fps). Semakin besar nilainya, maka semakin halus animasinya. Nilai defaultnya 12, Saya ganti dengan 30. Kenapa perlu diganti, karena 12 dirasa terlalu kecil, sehingga gerakan menjadi kurang mulus.
kemudian set frame rate-nya (fps). frame rate adalah dalam satuan frame per second (fps). Semakin besar nilainya, maka semakin halus animasinya. Nilai defaultnya 12, Saya ganti dengan 30. Kenapa perlu diganti, karena 12 dirasa terlalu kecil, sehingga gerakan menjadi kurang mulus.
Obyek yang kita kendalikan adalah sebuah pesawat tempur. Jadi sebelumnya kita harus menggambar sebuah pesawat di stage. Emm saya rasa cukup susah menggambar pesawat yang keren kalo cuman dibayangkan aja.. untuk itu Biar bagus, kita butuh model sebagai contoh.
Saya suka model2 pesawat klasik jaman PD II, saya mengambil model salah satu gambar pesawat nazi jerman dari wikipedia, lalu menggambarnya ulang dengan sedikit modifikasi.
Saya suka model2 pesawat klasik jaman PD II, saya mengambil model salah satu gambar pesawat nazi jerman dari wikipedia, lalu menggambarnya ulang dengan sedikit modifikasi.
oia tidak perlu dibuat detil2 dulu, sederhana aja.. karena nanti pada tahap finishing baru obyek pesawat ini disempurnakan penampilannya. Kita tentu tidak mau membuang2 waktu dengan men-switch otak kita menjadi “designer mode”.. padahal lagi anget2nya dalam “programmer mode”.. hehe
bahkan pesawatnya cukup kotak2 aja, asal udah berbentuk pesawat.. urusan desain bisa dikerjakan belakangan ato kalo anda tidak suka menggambar, bisa diserahkan ke orang lain sebagai desainer.
bahkan pesawatnya cukup kotak2 aja, asal udah berbentuk pesawat.. urusan desain bisa dikerjakan belakangan ato kalo anda tidak suka menggambar, bisa diserahkan ke orang lain sebagai desainer.
Menggerakkan Obyek Utama
Ok sekarang mulai tahap menggerakkan obyek
Ubah ukuran pesawat sesuai keinginan (transform) dan konversi ke movieclip, beri nama “pesawat”.
Ubah ukuran pesawat sesuai keinginan (transform) dan konversi ke movieclip, beri nama “pesawat”.
Pada field instance name, beri nama, aku isi dengan nama pesawat_player.
Obyek perlu diberi nama agar bisa dikenali pada saat scripting. pesawat_player adalah instance name dari movie clip.
Obyek perlu diberi nama agar bisa dikenali pada saat scripting. pesawat_player adalah instance name dari movie clip.
klik pesawat_player dan buka panel actions, atau tekan F9 (ingat2lah F9 karena nantinya tombol ini sering digunakan), lalu tulis kode berikut:
onClipEvent (enterFrame) {
if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {
// gerak ke kanan
this._x = this._x + 4;
}
if (Key.isDown(Key.LEFT)) {
// gerak ke kiri
this._x = this._x - 4;
}
if (Key.isDown(Key.UP)) {
// gerak ke atas
this._y = this._y - 4;
}
if (Key.isDown(Key.DOWN)) {
// gerak ke bawah
this._y = this._y + 4;
}
}
Perhatikan bahwa actionscript adalah case sensitive, artinya kita harus memperhatikan penulisan huruf besar dan kecil pada nama variabel dan kata kunci.
kalo udah, coba jalankan dengan Ctrl+Enter
nah obyek akan dapat digerakkan dengan keyboard. Ini adalah dasar, mudah bukan
nah obyek akan dapat digerakkan dengan keyboard. Ini adalah dasar, mudah bukan
Penjelasan Skrip
Penjelasannya begini, tiap2 obyek movieclip punya properti _x, dan _y yang menunjukkan posisi koordinat di layar.
Pada tiap2 kondisi penekanan tombol keyboard, Obyek Key dengan event isDown, maka koordinat obyek ditambahkan/dikurangi 4.
Misalnya jika ke kanan maka this._x = this._x+4;
Misalnya jika ke kanan maka this._x = this._x+4;
this menunjukkan obyek itu sendiri, yaitu pesawat_player..
Karena skrip merupakan actions pada pesawat_player, maka current timeline saat itu adalah pesawat_player. this untuk menyebutkan dirinya sendiri, yaitu pesawat_player (current timeline).
jadi this._x maksudnya adalah koordinat _x dari this (pesawat_player)..Ini adalah penyebutan dengan menggunakan relative path.
dalam terminologi pemrograman berorientasi/berbasis obyek, this adalah instansi obyek movieclip dan _x adalah properti atau atribut..
Karena skrip merupakan actions pada pesawat_player, maka current timeline saat itu adalah pesawat_player. this untuk menyebutkan dirinya sendiri, yaitu pesawat_player (current timeline).
jadi this._x maksudnya adalah koordinat _x dari this (pesawat_player)..Ini adalah penyebutan dengan menggunakan relative path.
dalam terminologi pemrograman berorientasi/berbasis obyek, this adalah instansi obyek movieclip dan _x adalah properti atau atribut..
obyek2 membentuk hirarki dengan _root sebagai paling atas
+root
+–pesawat_player
+root
+–pesawat_player
coba ganti baris
this._x = this._x + 4;
this._x = this._x + 4;
dengan
_root.pesawat_player._x = _root.pesawat_player._x + 4;
jalankan dan perhatikan..
_root.pesawat_player adalah absolute path dari Movieclip pesawat_player.
Jika kode kita berada pada pesawat_player (jika current timeline adalah pesawat_player) maka secara relative path, MovieClip pesawat_player cukup disebut dengan this.
Absolute path bersifat relatif terhadap _root, sehingga selalu dimulai dari _root.
apakah penjelasan ini membingungkan anda? bagi anda yang pernah mempelajari pemrograman atau pemrograman OOP sepertinya tidak masalah, tetapi bila tidak lanjutkan saja walaupun masih abu2. Lama-kelamaan kalo terbiasa pasti paham juga..
Demikian bagian 1 dari artikel ini. Bagian selanjutnya akan membahas tentang akselerasi untuk membuat gerakan lebih natural. Tunggu saja di blog ini
Kalo ada pertanyaan ato masukan silakan lewat kolom komentar dibawah.
Kalo ada pertanyaan ato masukan silakan lewat kolom komentar dibawah.
AKSELERASI
Tutorial berseri ini adalah lanjutan dari bagian 1 sebelumnya yang membahas tentang kontrol dan gerakan dasar pesawat.
Sejauh ini, gerakan yang terjadi sangatlah mendasar dan terasa kurang realistis.. masih terasa ada hal yang kurang, yaitu akselerasi..
Biar pengontrolan pesawat lebih realistis sekaligus menambah kesulitan game, maka kita terapkan akselerasi dalam pergerakan. untuk itu kita harus sedikit mengingat kembali pelajaran fisika.. heh?,
tenang aja fisika yang dipake mendasar kok..
Biar pengontrolan pesawat lebih realistis sekaligus menambah kesulitan game, maka kita terapkan akselerasi dalam pergerakan. untuk itu kita harus sedikit mengingat kembali pelajaran fisika.. heh?,
tenang aja fisika yang dipake mendasar kok..
Nantinya hasilnya akan seperti berikut ini (gunakan tombol panah untuk menggerakkan pesawat):
menurut fisika, ada namanya kecepatan dan percepatan (dan perlambatan)..
saat kita menggerakkan pesawat, misal maju (dengan menekan gas), maka pesawat tidak akan bergerak dengan kecepatan langsung konstan, melainkan kecepatannya naik secara bertahap hingga kecepatan maksimalnya.. demikian pula kalo kita melepas pedal gas, maka sebelum berhenti, pesawat akan mengalami perlambatan.. (btw sejak kapan pesawat punya pedal gas.. :-p, ah sekedar contoh aja)
saat kita menggerakkan pesawat, misal maju (dengan menekan gas), maka pesawat tidak akan bergerak dengan kecepatan langsung konstan, melainkan kecepatannya naik secara bertahap hingga kecepatan maksimalnya.. demikian pula kalo kita melepas pedal gas, maka sebelum berhenti, pesawat akan mengalami perlambatan.. (btw sejak kapan pesawat punya pedal gas.. :-p, ah sekedar contoh aja)
untuk itu dalam game ini kita definisikan 3 konstanta baru, yaitu percepatan,perlambatan,kecepatan maksimal, (untuk kecepatan minimal pasti bernilai 0, jadi enggak usah didefinisikan)
kebiasaan saya suka menaruh konstanta global di frame paling awal di layer khusus action tersendiri..
klik frame pertama, tekan F9 dan masukkan kode berikut
klik frame pertama, tekan F9 dan masukkan kode berikut
_root.percepatan = 4;
_root.perlambatan = 1;
_root.speedmax = 12;
karena konstanta berlaku global, maka ditulis di _root. sengaja saya beri awalan _root memberi tahu bahwa variabel itu di level _root.. (agar tidak bingung aja)
lalu ubah kode di pesawat_player menjadi berikut
onClipEvent (enterFrame) {
this._x += speed_x;
this._y += speed_y;
if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {
// gerak ke kanan
if (speed_x < _root.speed_max) speed_x+=_root.percepatan;
//speed_x = 4;
}
if (Key.isDown(Key.LEFT)) {
// gerak ke kiri
if (speed_x > -_root.speed_max) speed_x-=_root.percepatan;
}
if (Key.isDown(Key.UP)) {
// gerak ke atas
if (speed_y > -_root.speed_max) speed_y-=_root.percepatan;
}
if (Key.isDown(Key.DOWN)) {
// gerak ke bawah
if (speed_y < _root.speed_max) speed_y+=_root.percepatan;
}
if ((not Key.isDown(Key.RIGHT)
and not Key.isDown(Key.LEFT))
or (not Key.isDown(Key.UP)
and not Key.isDown(Key.DOWN))
) {
if (speed_x>0) speed_x-=_root.perlambatan;
else if (speed_x<0) speed_x+=_root.perlambatan;
if (speed_y>0) speed_y-=_root.perlambatan;
else if (speed_y<0) speed_y+=_root.perlambatan;
}
}
perhatikan bedanya, lebih asyik khan
Gw yang masi baru bgt dan masih cupu bgt di bidang game development flash ini, mu coba2 bikin tutorial sederhana. Yaitu tutorial bikin game "time management" semacem Cake Mania gitu.. Ni tutorial sederhana banget dan ga pake script yang ribet (berhubung sampe sekarang masi blum bisa fungsi for, hehe). Yap langsung aja… oia ni tutorial aku bikin cupuuu banget. Jadi jangan diketawain ya… :)
Tutorial ini menggunakan action script 2. Ini Cuma tutorial sederhana banget.. Masi bisa ditabahin lagi kalo mau..
Hasil jadi:http://www.swfcabin.com/open/1241364559
Mentahannya: http://www.2shared.com/file/5612840/529f861a/contoh_diner_dash.html
Step pertama (Movie Clip& Grafik): Bikin dulu semua grafiknya bakal kaya gimana.
Yang terpenting adalah bikin Movie Clip:
-character utama
-character customer (penjelasan dibawah)
-kue (penjelasan dibawah)
-alat buat bikin kue (di tutoial ini oven)
-kotak buat pilihan warna.
-balon permintaan (penjelasan dibawah)
Aturan Bikinnya:
Pertama: Buat dulu Movie Clip balon permintaan yang terdiri dari 4 frame:
Layer yang atas buat permintaannya, trus layer yang bawah diisi sama gambar balon. Trus abis itu layer yang atas pada frame 2,3,4 bikin permintaannya apa:
Frame 2 :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEik3OPwkkQqM_twOqVN1Ig-9whVPE_7VNA11RCLRAM3DSobwWpn63aXTIVVhEeHKPeZRVt6r6rzrfsWj2jiHNMQuIuSqyWNf8hRauRiQBtt0OBsLgVbRVu3r_UWregeBQ3G0hQuNLQD9oDG/s320/b4.png
frame 3:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZpjVbmZgAisrMgLdc6b05Se96nHSfmmU7_SlXACZNK1fjXhl8d7B1YfTC-1z9S59K2N0QCOaoyC89sZxteKGTOuZxiYpbUtSKi_ee_rIi0J-egIWcg29et96Rg0Tq_Fi-BdN8ImOqXEvp/s320/b3.png
Frame 4:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghpJSXMNboOfh3w5m1h6gGPjj4IL5eW5rS-yMqAtzw-OpOt9l665DVFFjJqjV-eizDvKmAHv_Elmta94IQpGDKc4Ve4qwzhJ8HJGYjQbpg9mDSRnjFx5ToRhiAWiJ0M-4yTZdFA1y1Wrmt/s320/b2.png
Frame 1 dibiarkan kosong aja. Nah setiap masing-masing frame dikasi action: stop()
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-xwQonaEGbC6zO5UyEVfDsIVZDwUjT4WUQtBxf2AP5CW4JJu_bWBQOmAULYWdrO3Jb_YlyJVXnyml1Nlye0wxZ7nxxRgOgKKsd55-pfJT5061EjkA2nLCDu_bJKTe8vnmn6R6yX8I3C-X/s320/b1.png
Kedua :
Buat Movie Clip Customer:
Disini bentuknya bulet aja ya gpp? Trus didalemnya masukin Movieclip balon tadi, trus Instance Name Movie Clip balon tadi dikasi nama "permintaan":
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5-WxEt9o8eIuDq_cRUbBnAFe-VYzGDCn7HQAYrt9H_6zMLEiqg-mEgDl_08IL0I8X9EY7jtKjqGMlj3Sdh-loQTMcY3YAs8lD1xjg4_qYj0OHv_lijilNH9LDN7Ypbr2-oKCNIGZCKgIS/s320/b5.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQHhObchAQaAiwpeKDe3b5KolBXTfzH9nsbCUsOXfRguNoEoMrjp_uXkyhdqqOIhH-a7QlN5znVRgwzFnV05nr-t1ehAA6maOMhuFV-FNc8qQgvMBDXJIFc9cu27hSAZUMUYsFjNOuiofY/s320/b6.png
Yah movie Clip buat customer udah beres. Sekarang bikin Movie Clip Kue:
Bikin 4 frame: masing masing frame gambar kuenya (di tutorial ini gambarnya bulet) trus kasi warnanya sesuai yang ada di balon permintaan:
-frame 1: gambar kue polos, belum dikasi warna.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgD_wx-4F5sGvpDO3mtpaVorYijRqdRiOIpPROd9HSYDcmRVuPisatpqcm0Hiw-f5PmuNhE5U5J2tzwcuEpU6VOTGJzYOYc7y4TiQErB8ygOG3gj2RcyEUIuQ7WW1qNObYyoKSSPQFFtqKp/s320/b7.png
-frame 2: gambar kue warna putih. Kasi nama di frame 2 dengan "putih"
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiIo-jquDpVFGS6a3BsdS_bKZ2ZVkvv68fqhP_xO2WdayQoUqhpdA1LQTahyXOh8PZKyXyw5usOi2uPJX6Ps2TjyOc6OUb7eTptLY-QDjnUpVDwSQhSCJlfK967jwGTCMgkmCBJ97t4h2Xp/s320/b8.png
-frame 3: gambar kue warna merah. Kasi nama di frame 2 dengan "merah"
-frame 4: gambar kue warna kuning. Kasi nama di frame 2 dengan "kuning"
Semua frame dikasi action: stop()
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiAXblaSkfYwjOhM5ZOFc4W2PXPSwAfFf28XsvBE88ajMG21cfviJpsEJaU-br_xZj_6Nobi8toxGeN3N6BJtqJZM0T8CYPmhdlOoMMJEUNUcY82jtF_3Mgtl08XQdW5c8sGNDVe05igX1/s320/b9.png
Tutorial ini menggunakan action script 2. Ini Cuma tutorial sederhana banget.. Masi bisa ditabahin lagi kalo mau..
Hasil jadi:http://www.swfcabin.com/open/1241364559
Mentahannya: http://www.2shared.com/file/5612840/529f861a/contoh_diner_dash.html
Step pertama (Movie Clip& Grafik): Bikin dulu semua grafiknya bakal kaya gimana.
Yang terpenting adalah bikin Movie Clip:
-character utama
-character customer (penjelasan dibawah)
-kue (penjelasan dibawah)
-alat buat bikin kue (di tutoial ini oven)
-kotak buat pilihan warna.
-balon permintaan (penjelasan dibawah)
Aturan Bikinnya:
Pertama: Buat dulu Movie Clip balon permintaan yang terdiri dari 4 frame:
Layer yang atas buat permintaannya, trus layer yang bawah diisi sama gambar balon. Trus abis itu layer yang atas pada frame 2,3,4 bikin permintaannya apa:
Frame 2 :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEik3OPwkkQqM_twOqVN1Ig-9whVPE_7VNA11RCLRAM3DSobwWpn63aXTIVVhEeHKPeZRVt6r6rzrfsWj2jiHNMQuIuSqyWNf8hRauRiQBtt0OBsLgVbRVu3r_UWregeBQ3G0hQuNLQD9oDG/s320/b4.png
frame 3:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZpjVbmZgAisrMgLdc6b05Se96nHSfmmU7_SlXACZNK1fjXhl8d7B1YfTC-1z9S59K2N0QCOaoyC89sZxteKGTOuZxiYpbUtSKi_ee_rIi0J-egIWcg29et96Rg0Tq_Fi-BdN8ImOqXEvp/s320/b3.png
Frame 4:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghpJSXMNboOfh3w5m1h6gGPjj4IL5eW5rS-yMqAtzw-OpOt9l665DVFFjJqjV-eizDvKmAHv_Elmta94IQpGDKc4Ve4qwzhJ8HJGYjQbpg9mDSRnjFx5ToRhiAWiJ0M-4yTZdFA1y1Wrmt/s320/b2.png
Frame 1 dibiarkan kosong aja. Nah setiap masing-masing frame dikasi action: stop()
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-xwQonaEGbC6zO5UyEVfDsIVZDwUjT4WUQtBxf2AP5CW4JJu_bWBQOmAULYWdrO3Jb_YlyJVXnyml1Nlye0wxZ7nxxRgOgKKsd55-pfJT5061EjkA2nLCDu_bJKTe8vnmn6R6yX8I3C-X/s320/b1.png
Kedua :
Buat Movie Clip Customer:
Disini bentuknya bulet aja ya gpp? Trus didalemnya masukin Movieclip balon tadi, trus Instance Name Movie Clip balon tadi dikasi nama "permintaan":
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5-WxEt9o8eIuDq_cRUbBnAFe-VYzGDCn7HQAYrt9H_6zMLEiqg-mEgDl_08IL0I8X9EY7jtKjqGMlj3Sdh-loQTMcY3YAs8lD1xjg4_qYj0OHv_lijilNH9LDN7Ypbr2-oKCNIGZCKgIS/s320/b5.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQHhObchAQaAiwpeKDe3b5KolBXTfzH9nsbCUsOXfRguNoEoMrjp_uXkyhdqqOIhH-a7QlN5znVRgwzFnV05nr-t1ehAA6maOMhuFV-FNc8qQgvMBDXJIFc9cu27hSAZUMUYsFjNOuiofY/s320/b6.png
Yah movie Clip buat customer udah beres. Sekarang bikin Movie Clip Kue:
Bikin 4 frame: masing masing frame gambar kuenya (di tutorial ini gambarnya bulet) trus kasi warnanya sesuai yang ada di balon permintaan:
-frame 1: gambar kue polos, belum dikasi warna.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgD_wx-4F5sGvpDO3mtpaVorYijRqdRiOIpPROd9HSYDcmRVuPisatpqcm0Hiw-f5PmuNhE5U5J2tzwcuEpU6VOTGJzYOYc7y4TiQErB8ygOG3gj2RcyEUIuQ7WW1qNObYyoKSSPQFFtqKp/s320/b7.png
-frame 2: gambar kue warna putih. Kasi nama di frame 2 dengan "putih"
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiIo-jquDpVFGS6a3BsdS_bKZ2ZVkvv68fqhP_xO2WdayQoUqhpdA1LQTahyXOh8PZKyXyw5usOi2uPJX6Ps2TjyOc6OUb7eTptLY-QDjnUpVDwSQhSCJlfK967jwGTCMgkmCBJ97t4h2Xp/s320/b8.png
-frame 3: gambar kue warna merah. Kasi nama di frame 2 dengan "merah"
-frame 4: gambar kue warna kuning. Kasi nama di frame 2 dengan "kuning"
Semua frame dikasi action: stop()
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiAXblaSkfYwjOhM5ZOFc4W2PXPSwAfFf28XsvBE88ajMG21cfviJpsEJaU-br_xZj_6Nobi8toxGeN3N6BJtqJZM0T8CYPmhdlOoMMJEUNUcY82jtF_3Mgtl08XQdW5c8sGNDVe05igX1/s320/b9.png
GodOfVaganza
04/05/2009, 00:11
Sip! Kalo udah selesei, bikin Movie Clip character utama. Character ini adalah character bergerak buat orang yang bikin kuenya. Bikin bentuk bulet, trus udah itu masukin Movie Clip kue yang tadi dibuat di sebelahnya. Bikin seakan-akan si character lagi bawa2 kue tadi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-7pOaYVm8wfiFJC_2OVh__AFMrCraV8Tc_uNn9qA8BfgCTQGfrFsR_1MyLlPARPsDBDeUOeG94P3nt_voYRF5S-ZS73D2eORIe18vAwb57Sifc5U0iicuWG0WFFQRqWce5t607E_xKsaa/s320/b10.png
Kasi nama Movie Clip kue yang ada di dalem Movie Clip character tadi dengan Instance name: anim kue
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6NkkTReRhPHvKAeO7qNmpfIsftagIDx0bK7wRQOJhuMgPvJ4V4txJMBQCBLPWYc0izSKnwTdGlpPFKvBswYtCIIOCpFYYSWXwdL9dLoSviJ2NKpiktAh7BhMkzsomcpAk5-F6hJOKJOu7/s320/b11.png
Kalo udah beres bikin lagi Movie Clip di bawah ini:
Movie Clip "Warna":
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhoviSrivo_SCk7v3zgunQLUoFn-1yv2rVlI0S-i8w5Et4CieesdvKdCYLRzDi0c6Aa9g3nt11iPHspUJzcwTtSc0Fm_BLpm3hVGUiaswKEkwgbrBmPlKiDwU6GdOm_5yycpoj0Sj9GunDP/s320/b12.png
Movie Clip Oven: Buat bikin kuenya:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJRCU9MQ7gbSkeQ6RNKIt4IIClxG4OgqfcdKcCyGPHG1RVbRO0jEJTKq1Rpp9s1kfS6bJYNlKiFCFc7FaBzY8oKn0vG6WTNqqz5oXXw57E_sBxWnRcEwgkAsRojOgMbaVJnMfBbtV92cyJ/s320/b13.png
Movie Clip Uang:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjMH0Pvgp0ROjoNaDKeUHiwunkS5IDghUNBdydUfxxLk-MhSyqZ1ZJ0ONTw8XevKVCpbJDcRgrg8RacgdAT7szjpSD1brBqCQlSRyrVz30fMnaxe2_aPntvhupyJlRn66u6ROMhhVPAtlj/s320/b14.png
Movie Clip Meja:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMPa31cFDKJeShJWYJV72aUETEYk3KLPxbIpU4dOcba4nxlXpPYPi1uquSx08xaWDV_qY9CfgtVhVYteyZFSrHh5RJazGUWgFnCC65Pee_3SFrmakWWBaF3eXGZk8uXMkErknjPhRlZRmA/s320/b15.png
Kamu bisa nambahin grafik lantai, grafik meja, grafik kursi d.l.l
Kalo semuanya udah selesei masuk ke Step 2:
Step 2 (Penyusunan Grafik dan Movie Clip):
Susun Semuanya sampe seperti gambar di bawah ini:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVU8rIVUBBPjKPya-zYQMwvYtXSw4upRzOT10-Q2PiY6UzSB3-94ZKdjsbkYS1ViH9cIS1tCOjOn8Z7Yp4A0_P97amvLeK_etv1kPL4quoGdgzd8XlRKqWgL2oWO8SYfUBSNcwZfKJ8Kd4/s320/b16.png
Buat milih warna kuenya, pake Movie Clip "warna" yang tadi udah dibuat diatas. Susun seperti diatas. Trus atur "tint"nya. Yang paling atas putih, di tengah merah, di bawah kuning.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiPvqgT7EJ-w8Ru8RGIdNFKehcg4S6D4E_FWkFgjZ2CrloNEhJn1b1gGmwqvy8GvEMZyMJi6YofbTMcwDn2UdvUlq5yVkVbGxXvv5Zv_00lKVzSek7A_b6omKq9z0JQWhrKlgqVcYEtW5J/s320/b17.png
Trus buat Dinamic Text yang dikasi variabel di propertiesnya dengan : _root.score
Ok udah beres?? Lanjut ke Step 3.
Step 3 (Action Script):
-Pertama, pada frame 1 di layar utama ketik action: score=1
-kedua pada Movie Clip Customer yang paling bawah (customer1) kasi action:
onClipEvent (load) {
_root.uang_1._visible = 0; // Movie Clip Uang Invisible
this.permintaan._visible = 0; //balon permintaan invisible
permintaannya = 0;
}
onClipEvent (enterFrame) {
//script kostumer masuk:
if (random(50) == 2 and permintaannya == 0) { //Ketika random(50) ada pada angka 2 maka,
this._x = 0; //posisi kostumer, pada saat ini kostumer masuk ke dalam toko
}
}
on (press) {
if (permintaannya == 0) { // kalo permintaannya =0 maka,
_root.char._x = _root.meja._x+80; //character utama akan dateng ke kostumer
_root.char._y = this._y+80; //character utama akan dateng ke kostumer
this.permintaan.gotoAndStop(random(3)+Number(2)); //balon permintaan random
this.permintaan._visible = 1; //balon permintaan terlihat.
permintaannya = 1;
} else if (permintaannya == 1 and _root.char.animkue._currentframe == this.permintaan._currentframe and _root.char.animkue._visible == 1) { //kalo permintaan udah terpenuhi maka,
this._x = -500; //kustomer keluar toko
_root.char._x = _root.meja._x+80; //karakter dateng ke meja kustomer
_root.char._y = this._y+80;
_root.char.animkue._visible = 0; //kuenya dikasiin ke kustomer
this.permintaan._visible = 0; //permintaan kembali 0
_root.uang_1._visible = 1; //kustomer ngasi uang di meja
}
}
Bikin juga script ini pada customer 2, sama customer 3. Ganti pada "_root.uang_1._visible" jadi "_root.uang_2._visible" dan "_root.uang_3._visible".
-ketiga: buat Movie Clip "char" bikin actionnya:
onClipEvent (load) {
this.animkue._visible = 0; //kuenya ga keliatan pada saat di load
}
-ke empat pada Movie Clip alat bikin kuenya :
on (press) {
_root.char._x = this._x; // character ngedatengin
_root.char._y = this._y+50;
_root.kue._visible = 1; // Movie clip kue jadi...
}
-kelima pada movie clip "kue":
onClipEvent (load) {
this._visible = 0;
depth = 0;
}
on (press) {
_root.char._x = this._x; // character ngedatengin kue yang udah jadi
_root.char._y = this._y+50;
this._visible = 0; //ketika di klik kuenya dibawa char
_root.char.animkue.gotoAndStop(1); //kue kembali ke awal bentuknya
_root.char.animkue._visible = 1; //animasi si character bawa2 kue.
}
-keenam pada movie clip pilihan warnanya:
Pada pilihan warna putih isikan:
on (press) {
if (_root.char.animkue._visible == 1) {
_root.char.animkue.gotoAndStop("putih");
_root.char._x = this._x-100;;
_root.char._y = this._y;
}
}
Semuanya ditulis juga pada script di movie clip pilihan warna yang merah sama yang kuning. Bedanya pada tulisan "putih" di script: _root.char.animkue.gotoAndStop("putih"); , ganti jadi _root.char.animkue.gotoAndStop("merah"); dan pada Movie clip warna kuning: _root.char.animkue.gotoAndStop("kuning");
-ketujuh pada movie clip "uang_1" isikan:
on (press) {
this._visible = 0;
_root.score += 100;
_root.customer1.permintaannya = 0;
}
Sama halnya ditulis juga pada Movie Clip "uang_2" dan "uang_3" bedanya ya pada script:
_root.customer1.permintaannya = 0; ganti jadi _root.customer2.permintaannya = 0; dan _root.custo
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-7pOaYVm8wfiFJC_2OVh__AFMrCraV8Tc_uNn9qA8BfgCTQGfrFsR_1MyLlPARPsDBDeUOeG94P3nt_voYRF5S-ZS73D2eORIe18vAwb57Sifc5U0iicuWG0WFFQRqWce5t607E_xKsaa/s320/b10.png
Kasi nama Movie Clip kue yang ada di dalem Movie Clip character tadi dengan Instance name: anim kue
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6NkkTReRhPHvKAeO7qNmpfIsftagIDx0bK7wRQOJhuMgPvJ4V4txJMBQCBLPWYc0izSKnwTdGlpPFKvBswYtCIIOCpFYYSWXwdL9dLoSviJ2NKpiktAh7BhMkzsomcpAk5-F6hJOKJOu7/s320/b11.png
Kalo udah beres bikin lagi Movie Clip di bawah ini:
Movie Clip "Warna":
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhoviSrivo_SCk7v3zgunQLUoFn-1yv2rVlI0S-i8w5Et4CieesdvKdCYLRzDi0c6Aa9g3nt11iPHspUJzcwTtSc0Fm_BLpm3hVGUiaswKEkwgbrBmPlKiDwU6GdOm_5yycpoj0Sj9GunDP/s320/b12.png
Movie Clip Oven: Buat bikin kuenya:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJRCU9MQ7gbSkeQ6RNKIt4IIClxG4OgqfcdKcCyGPHG1RVbRO0jEJTKq1Rpp9s1kfS6bJYNlKiFCFc7FaBzY8oKn0vG6WTNqqz5oXXw57E_sBxWnRcEwgkAsRojOgMbaVJnMfBbtV92cyJ/s320/b13.png
Movie Clip Uang:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjMH0Pvgp0ROjoNaDKeUHiwunkS5IDghUNBdydUfxxLk-MhSyqZ1ZJ0ONTw8XevKVCpbJDcRgrg8RacgdAT7szjpSD1brBqCQlSRyrVz30fMnaxe2_aPntvhupyJlRn66u6ROMhhVPAtlj/s320/b14.png
Movie Clip Meja:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMPa31cFDKJeShJWYJV72aUETEYk3KLPxbIpU4dOcba4nxlXpPYPi1uquSx08xaWDV_qY9CfgtVhVYteyZFSrHh5RJazGUWgFnCC65Pee_3SFrmakWWBaF3eXGZk8uXMkErknjPhRlZRmA/s320/b15.png
Kamu bisa nambahin grafik lantai, grafik meja, grafik kursi d.l.l
Kalo semuanya udah selesei masuk ke Step 2:
Step 2 (Penyusunan Grafik dan Movie Clip):
Susun Semuanya sampe seperti gambar di bawah ini:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVU8rIVUBBPjKPya-zYQMwvYtXSw4upRzOT10-Q2PiY6UzSB3-94ZKdjsbkYS1ViH9cIS1tCOjOn8Z7Yp4A0_P97amvLeK_etv1kPL4quoGdgzd8XlRKqWgL2oWO8SYfUBSNcwZfKJ8Kd4/s320/b16.png
Buat milih warna kuenya, pake Movie Clip "warna" yang tadi udah dibuat diatas. Susun seperti diatas. Trus atur "tint"nya. Yang paling atas putih, di tengah merah, di bawah kuning.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiPvqgT7EJ-w8Ru8RGIdNFKehcg4S6D4E_FWkFgjZ2CrloNEhJn1b1gGmwqvy8GvEMZyMJi6YofbTMcwDn2UdvUlq5yVkVbGxXvv5Zv_00lKVzSek7A_b6omKq9z0JQWhrKlgqVcYEtW5J/s320/b17.png
Trus buat Dinamic Text yang dikasi variabel di propertiesnya dengan : _root.score
Ok udah beres?? Lanjut ke Step 3.
Step 3 (Action Script):
-Pertama, pada frame 1 di layar utama ketik action: score=1
-kedua pada Movie Clip Customer yang paling bawah (customer1) kasi action:
onClipEvent (load) {
_root.uang_1._visible = 0; // Movie Clip Uang Invisible
this.permintaan._visible = 0; //balon permintaan invisible
permintaannya = 0;
}
onClipEvent (enterFrame) {
//script kostumer masuk:
if (random(50) == 2 and permintaannya == 0) { //Ketika random(50) ada pada angka 2 maka,
this._x = 0; //posisi kostumer, pada saat ini kostumer masuk ke dalam toko
}
}
on (press) {
if (permintaannya == 0) { // kalo permintaannya =0 maka,
_root.char._x = _root.meja._x+80; //character utama akan dateng ke kostumer
_root.char._y = this._y+80; //character utama akan dateng ke kostumer
this.permintaan.gotoAndStop(random(3)+Number(2)); //balon permintaan random
this.permintaan._visible = 1; //balon permintaan terlihat.
permintaannya = 1;
} else if (permintaannya == 1 and _root.char.animkue._currentframe == this.permintaan._currentframe and _root.char.animkue._visible == 1) { //kalo permintaan udah terpenuhi maka,
this._x = -500; //kustomer keluar toko
_root.char._x = _root.meja._x+80; //karakter dateng ke meja kustomer
_root.char._y = this._y+80;
_root.char.animkue._visible = 0; //kuenya dikasiin ke kustomer
this.permintaan._visible = 0; //permintaan kembali 0
_root.uang_1._visible = 1; //kustomer ngasi uang di meja
}
}
Bikin juga script ini pada customer 2, sama customer 3. Ganti pada "_root.uang_1._visible" jadi "_root.uang_2._visible" dan "_root.uang_3._visible".
-ketiga: buat Movie Clip "char" bikin actionnya:
onClipEvent (load) {
this.animkue._visible = 0; //kuenya ga keliatan pada saat di load
}
-ke empat pada Movie Clip alat bikin kuenya :
on (press) {
_root.char._x = this._x; // character ngedatengin
_root.char._y = this._y+50;
_root.kue._visible = 1; // Movie clip kue jadi...
}
-kelima pada movie clip "kue":
onClipEvent (load) {
this._visible = 0;
depth = 0;
}
on (press) {
_root.char._x = this._x; // character ngedatengin kue yang udah jadi
_root.char._y = this._y+50;
this._visible = 0; //ketika di klik kuenya dibawa char
_root.char.animkue.gotoAndStop(1); //kue kembali ke awal bentuknya
_root.char.animkue._visible = 1; //animasi si character bawa2 kue.
}
-keenam pada movie clip pilihan warnanya:
Pada pilihan warna putih isikan:
on (press) {
if (_root.char.animkue._visible == 1) {
_root.char.animkue.gotoAndStop("putih");
_root.char._x = this._x-100;;
_root.char._y = this._y;
}
}
Semuanya ditulis juga pada script di movie clip pilihan warna yang merah sama yang kuning. Bedanya pada tulisan "putih" di script: _root.char.animkue.gotoAndStop("putih"); , ganti jadi _root.char.animkue.gotoAndStop("merah"); dan pada Movie clip warna kuning: _root.char.animkue.gotoAndStop("kuning");
-ketujuh pada movie clip "uang_1" isikan:
on (press) {
this._visible = 0;
_root.score += 100;
_root.customer1.permintaannya = 0;
}
Sama halnya ditulis juga pada Movie Clip "uang_2" dan "uang_3" bedanya ya pada script:
_root.customer1.permintaannya = 0; ganti jadi _root.customer2.permintaannya = 0; dan _root.custo
0 komentar: