Tata Bahasa Dalam Iklan
NAMA OLOAN JM CLEAN HARD. S
NPM 15110280
KELAS 3 KA 30
M. KULIAH BAHASA INDONESIA
J Komentar Mengenai Iklan
A Saya memilih sebuah iklan Kartu Perdana ( Axis ), dimana provider tersebut mengadakan sebuah event saling bertemu antar sesama pengguna So-Me atau Social Media disebuah tempat yang sudah ditentukan.
A Kalimat dalam iklan :
®
Wanita
“ Buat kamu yang eksis di jejaring social wajib dateng ke So – Me Playground “
“ Buat kamu yang eksis di jejaring social wajib dateng ke So – Me Playground “
®
Pria ( Dubing )
“ So – Me Playground, Biggest Social Media Party in Indonesia, 17 Desember 2011 Pantai Carnaval Ancol Jakarta, ajang kumpul main bareng sobat onlinemu. Masuk? Gratiiiiis… klik “Like” di Facebook Axis sekarang… “
“ So – Me Playground, Biggest Social Media Party in Indonesia, 17 Desember 2011 Pantai Carnaval Ancol Jakarta, ajang kumpul main bareng sobat onlinemu. Masuk? Gratiiiiis… klik “Like” di Facebook Axis sekarang… “
®
Talent ( bersama – sama )
“Rame
– rame kopi darat? Braaangkaaaat…. Hahahahahaha ”
®
Pria ( Dubing )
“So – Me Playground
presented by Axis ”
A
Komentar :
“ Buat kamu yang eksis di jejaring social wajib dateng ke So – Me Playground
“
|
Pada kalimat ini, menyatakan bahwa bagi orang –
orang yang eksis / kesehariannya menggunakan jejaring social wajib datang, yang
sebenarnya tidak harus. Kalimat tersebut memberi pesan pribadi terhadap
penonton bahwa yang eksis dinyatakan tidak eksis jika tidak dating. J
“ So – Me Playground, Biggest Social Media Party in Indonesia, 17
Desember 2011 Pantai Carnaval Ancol Jakarta, ajang kumpul main bareng sobat
onlinemu. Masuk? Gratiiiiis… klik “Like” di Facebook Axis sekarang… “
|
Pada beberapa kalimat ini, ada
kalimat Hiperbola “Biggest”, dimana menyatakan acara paling besar di Indonesia.
Event yang diadakan diantaranya Konser, Bazaar, ajang temu dengan teman online,
dan lain – lain saja dan tidak begitu menyatakan kata “Biggest” tersebut. Lalu
pada kata “Gratis”, dimana kita harus online terlebih dahulu untuk masuk ke
Facebook Axis dan meng-klik “Like” pada Fanpage tersebut, yang padahal jika
online itu membutuhkan internet / uang ( mengeluarkan uang ). Jadi pada iklan
ini dibuat kalimat yang memberikan kesan bahwa event tersebut menarik dan
gratis pula, itulah dimana dibutuhkan pemahaman dalam berbahasa Indonesia.
Sumber :
http://www.youtube.com/watch?v=GYfMh4ah6jI
0 komentar: