Sabtu, 26 Maret 2011

Macam - Macam Perintah Pada C++

A. Perintah pengambilan keputusan ( decision )

a. PERINTAH IF
Perintah if berguna untuk memilih satu dari 2 atau lebih alternatif jawaban yang tersedia. Jika perintah IF tersebut terdiri dari 2 atau lebih pernyataan, maka pernyataan tersebut harus berada di antara bagian begin dan end.
b. PERINTAH SWITCH
Perintah switch merupakan pernyataan yang dirancang untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah pilihan alternatif yang diantaranya untuk menggantikan pernyataan IF bertingkat.

B. Perintah perulangan ( looping )
Perintah perulangan ( looping ) digunakan untuk melakukan suatu proses secara berulang – ulang, jika suatu kondisi di penuhi atau sebaliknya. Pada praktiknya, proses perulangan biasanya digunakan untuk beberapa hal, misalnya : mengulang proses penampilan hasil pengolahan data.
Perintah perulangan ( looping ) terdiri dari :

a. PERINTAH FOR
Proses loping yang menggunakan penghitungan ( counter ) yang sudah pasti ( misalnya variabel k = 1,2,....,n; j = m, m-1,......,5; dan sebagainya) dapat dibuat menggunakan pernyataan FOR.
b. PERINTAH DO..WHILE
Perintah ini menyatakan perulangan proses selama kondisi tertentu.
c. PERINTAH WHILE
Perintah WHILE ini prinsipnya sama dengan perintah DO..WHILE hanya pengujian kondisinya terletak pada awal loop.
d. PERINTAH BREAK
Perintah break ini berfungsi untuk keluar dari suatu loop for , do..while, while ataupun switch. Hanya pada switch setelah break, proses akan menuju akhir switch.

3 komentar: